1.1 Latar Belakang
Saat ini banyak
sekali remaja yang mengutamakan penampilannya, mereka sering menggunakan
aksesoris untuk menunjang penampilannya ketika di sekolah, kampus, lingkungan
tempat ia tinggal, atau ketika sedang hang out dengan teman-temannya.
Remaja saat ini
sangat peka terhadap penampilannya. Mulai dari memakai gelang, kalung, anting,bros,
dan lain sebagainya. Dari segi harga pun relative murah, maka
dari situlah saya tertarik untuk membuat
rencana bisnis tentang usaha penjualan aksesoris.
Dalam
menjalankan suatu bisnis yang pertama adalah bagaimana kita menciptakan suatu
inovasi baru, dimana nantinya aksesoris yang ingin saya pasarkan adalah
aksesoris yang lebih unik, lebih awet, dan dijamin digemari oleh para remaja.
Dalam
menjalankan suatu bisnis tidak lupa juga kita harus berani mencoba, jangan
takut gagal dan berani megambil resiki yang mungkin terjadi.
1.2 Visi dan Misi Usaha
Visi
Menjadikan Aneka Aksesoris yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya serta memberikan kepuasan yang lebih bagi pelanggan.
C. Misi
1. Berusaha memberikan pelayanan sebaiknya kepada konsumen
2. Mampu menjamin kepuasan konsumen
3. Tidak melakukan kecuarangan-kecurangan yang dapat merugikan konsumen
Menjadikan Aneka Aksesoris yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya serta memberikan kepuasan yang lebih bagi pelanggan.
C. Misi
1. Berusaha memberikan pelayanan sebaiknya kepada konsumen
2. Mampu menjamin kepuasan konsumen
3. Tidak melakukan kecuarangan-kecurangan yang dapat merugikan konsumen
BAB II
PEMBAHASAN
A. Manajemen
Nama
Usaha : SM
Accesories
Bidang Udsaha
: Accesories
Nama Ketua
: Lusi Nurlita
Karyawan :
Primantha Evelin ➩ pemasaran
Karina Febri M ➩ laporan
Darujatun
Mursyid ➩ pemasaran
Selma Pramatana ➩ keuangan
B. Pemasaran
Produk yang
ditawarkan : Buff, Dompet, Gelang, Kalung, Bross, Scraft, Tas, Tas
Kosmetik, Anting, Parfum
Sasaran
Konsumen : Mahasiswa dan Mahasiswi
Wilayah
Pemasaran : Berbagai
tempat-tempat mulai dari Kota Tua,
sekitar tempat
tinggal dan juga
kampus.
BAB III
A. Rencana
Keuangan
Biaya Produksi
1. Biaya Variabel
No.
|
Keterangan
|
Harga per
buah
|
1.
|
Gelang
|
Rp 3.000
|
2.
|
Kalung
|
Rp 5.000
|
3.
|
Kalung Liontin
|
Rp 15.000
|
4.
|
Buff
|
Rp 15.000
|
6
|
Parfum
|
Rp 8.000
|
6
|
Tas
|
Rp 40.000
|
Tas Kosmetik
|
Rp 8.000
|
|
Scraft
|
Rp 10.000
|
|
Anting
|
Rp 3.000
|
|
Bross
|
Rp 5.000
|
|
Gantngan Kunci
|
Rp5.000
|
|
Dompet
|
Rp25.000
|
2. Biaya Tetap
Karena kita
mengambil makana untuk dijual kembali (reseller) maka dari itu tidak ada biaya
tetap semua masuk ke biaya variabel yang sewaktu-waktu dapat berubah.
Laporan Usaha
·
Pengeluaran /
Harga Beli :
No
|
Nama
Barang
|
Harga
Modal
|
Jumlah
|
Total
|
1
|
Gelang
|
850
|
24
|
20.000
|
Kalung
|
1.500
|
12
|
18.000
|
|
Kalung
Liontin
|
5.000
|
12
|
60.000
|
|
Buff
|
5.000
|
12
|
60.000
|
|
Parfum
|
3.000
|
12
|
36.000
|
|
Tas
|
35.000
|
6
|
210.000
|
|
Tas
Kosmetik
|
5.000
|
12
|
60.000
|
|
Anting
|
1.500
|
12
|
18.000
|
|
Bross
|
2.500
|
12
|
30.000
|
|
Gantungan
Kunci
|
1.500
|
12
|
18.000
|
|
Scraft
|
4.000
|
6
|
24.000
|
|
Dompet
|
15.000
|
6
|
90.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 644.000,00
|
·
Pemasukan / Harga Jual :
No
|
Nama
Barang
|
Harga
Jual
|
Jumlah
|
Total
|
1
|
Gelang
|
3.000
|
24
|
72.000
|
Kalung
|
5.000
|
12
|
60.000
|
|
Kalung
Liontin
|
15.000
|
12
|
180.000
|
|
Buff
|
12.000
|
12
|
144.000
|
|
Parfum
|
8.000
|
12
|
96.000
|
|
Tas
|
40.000
|
6
|
240.000
|
|
Tas
Kosmetik
|
8.000
|
12
|
96.000
|
|
Anting
|
3.000
|
12
|
36.000
|
|
Bross
|
5.000
|
12
|
60.000
|
|
Gantungan
Kunci
|
5.000
|
12
|
60.000
|
|
Scraft
|
8.000
|
6
|
48.000
|
|
Dompet
|
25.000
|
6
|
150.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 1.242.000,00
|
·
Untung / Rugi :
Pemasukan - Pengeluaran = Rp. 1.242.000 – Rp 644.000 = Rp 598.000,-
Total
keuntungan Rp.598.000,-
BAB IV
A. Kesimpulan
Kami hanya melakukan
penjualan dari tanggal 7 Desember – 31
Desember, Karena penjualan bertabrakan dengan jadwal ujian tengah
semester jadi anggota ditugskan untuk menjual di sekitar rumah, dan di hari
minggu kami melakukan penjualan di daerah wisata kota tua, ketika ujian selesai
kami melanjutkan penjualan di kelas-kelas. Usaha menjadi reseler aksesoris membutuhkan kesabaran untuk menawarkan
produk, namun setelah dijalani usaha ini sangat menjanjikan,usaha ini juga
dapat menjadi alternatif usaha untuk mahasiswa ataupun berbagai orang yang
mempunyai tekad dan serius dalam memulai usaha.
BARANG YANG DIJUAL
ANGGOTA KELOMPOK
1.
SELMA PRAMATANA
2.
LUSI NURLITA SIAGIAN
3.
DARU JATUN MURSYID
Tidak ada komentar:
Posting Komentar