Rabu, 13 April 2016

Pengertian Struktur Organisasi Menurut Para Ahli Dan Hal-hal Penting Untuk membuat Organisasi

Apa Itu Struktur Organisasi?

Pengertian Struktur Organisasi 
Setiap perusahaan pada umumnya mempunyai struktur organisasi. Penyusunan struktur organisasi merupakan langkah awal dalam memulai pelaksanaan kegiatan perusahaan dengan kata lain penyusunan struktur organisasi adalah langkah terencana dalam suatu perusahaan untuk melaksanakan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Pengertian yang jelas tentang struktur organisasi dikemukakan oleh beberapa ahli sebagai berikut: 

  1. Struktur organisasi dapat diartikan sebagai kerangka kerja formal organisasi yang dengan kerangka kerja itu tugas-tugas pekerjaan dibagi-bagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan(Robbins dan Coulter, 2007:284). 
  2. Struktur organisasi didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal dengan mana organisasi dikelolah (Handoko, 2003:169). 
  3. Struktur organisasi adalah pola formal mengelompokkan orang dan pekerjaan (Gibson dkk, 2002:9). 
  4. Struktur organisasi yaitu menggambarkan tipe organisasi, pendepartemenan organisasi, kedudukan dan jenis wewenang pejabat, bidang dan hubungan Universitas Sumatera Utara pekerjaan, garis perintah dan tanggungjawab, rentang kendali dan sistem pimpinan organisasi (Hasibuan, 2004:128).
 
Hal- hal Penting Untuk Membuat Sebuah Organisasi :
ebelum membuat suatu organisasi apa pun itu kita harus terlebih dahulu mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam membuat suatu organisasi. Karena sangat diperlukan perencanaan dan pemikiran yang sangat matang agar terciptanya suatu organisasi yang baik. Sebelum itu kita harus terlebih dahulu paham apa saja unsur – unsur dasar dari sebuah organisasi agar mudah menentukan apasaja yang dibutuhkan.
Unsur – unsure dasar dari suatu organisasi terdiri dari :
1. Anggota :
Yaitu, orang – orang yang berperan penting dalam suatu organisasi tersebut. Orang – orang ini yang terlibat dalam kegiatan pemikiran, melakukan pekerjaan, pemecahan masalah dan pembentukan ide. Intinya mereka adalah bagian dari terbentuk nya suatu organisasi
2. Pekerjaan dalam organisasi :
Pekerjaan yang dimaksud terdiri dari tugas formal dan informal, pekerjaan ini ditandai oleh tiga dimensi universal yaitu isi, keperluan, konteks dan praktik- praktik pengolahan
3. Man (orang – orang) :
Dalam sebuah organisasi atau suatu lembaga sering biasa disebut dengan istilah pegawai atau personil.
4. Kerjasama :
Ini sangat penting dibutuhkan dalam sebuah organisasi, karena dengan mencapai suatu tujuan bersama sangat diperlukanya kekuatan yang diciptakan dari hasil saling bantu membantu antara sesama.
5. Tujuan bersama :
Tujuan bersama adalah sebuah arah atau sasaran yang menjadi suatu tujuan utama yang akan dicapai atau yang diharapkan yang sudah disepakati bersama.
6. Equipment (peralatan):
Sebuah sarana yang berupa materi seperti peralatan mesin – mesin , uang, gedung/kantor.
7. Enviorment ( lingkungan) :
Seperti keadaan social, budaya, teknologi dan ekonomi
Dengan begitu kita akan mudah menentukan apasaja yang kita butuhkan dalam membentuk suatu organisasi :
1. Mengenali atau mengetahui orang yang akan kita ajak dalam membentuk suatu organisasi, karena inti dari organisasi itu sendiri adalah suatu perkumpulan yang memiliki kesamaan dalam pencapaian suatu tujuan.
2. Mempunyai nama dari organisasi itu sendiri, karena dengan adanya nama dari organisasi tersebut akan membuat organisasi itu sendiri memiliki identitas yang jelas dan tercipta nya kesan bahwa organisasi tersebut serius bukan main – main.
3. Penyusunan keanggotaan yang jelas dan terstruktur dari mulai tingkat tertinggi yaitu pemimpin hingga tingkat terendah.
4. Penyusunan agenda kegiatan apa saja yang akan dilakukan organisasi tersebut dengan jelas dan transparan, yang ditentukan atas kesepakatan bersama sebagai contoh dengan melakukan sebuah rapat.
5. Mencari dana agar bisa berjalan nya suatu organisasi, karena dana sangat berpengaruh besar dalam kelangsungan suatu organisasi. Bisa dengan menjual makanan atau mendirikan iuran bersama dengan memiliki uang kas dan sebagainya.
“ Jadi menurut saya, organisasi di dirikan tidak mungkin jika tidak memiliki suatu alasan, organisasi di dirikan agar setiap manusia dapat mencapai suatu tujuan atau hanya sekedar memenuhi kebutuhan karena manusia tidak dapat berdiri sendiri. Maka dari itu organisasi di dirikan juga tidak dengan main – main dibutuhkan perncanaan dan pemikiran yang matang. “
Sumber: http://infodanpengertian.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-struktur-organisasi-menurut.html
https://maghfieggy.wordpress.com/2014/11/23/hal-hal-penting-yang-dibutuhkan-dalam-membuat-suatu-organisasi/

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus